Bahaya Jika AC Tidak Diservice Secara Rutin

Bahaya Jika AC Tidak Diservice Secara Rutin!



Bahaya AC Jika Tidak Diservice

Mungkinkah Bahaya AC Jika Tidak Diservice?. Sudah pasti sangat berbahaya, Kenapa? Ada 2 Peringatan BAHAYA. Yang pertama adalah untuk kesehatan kita sendiri. Yang Kedua adalah Untuk keawetan mesin AC tidak terjamin. Simak Ulasanya dibawah ini.




Bahaya AC Jika Tidak Diservice. Bagi sebagian orang awam AC tidak diservice tidak masalah. Jika Anda mempunyai AC dirumah terutama daerah berdebu, sebaiknya Anda lebih berhati- hati lagi. Saya bukan untuk menakut- nakuti tapi hal tersebut benar- benar terjadi.

Oleh karena itu saya menulis tentang Bahaya AC Jika Tidak Diservice, berikut ini saya sudah merangkum tentang Bahaya AC Jika Tidak Diservice

Langsung to the point saja. 

Indoor adalah unit AC yang berada/ dipasang didalam ruangan, yang berfungsi sebagai menyalurkan udara dingin melalui proses tertentu dalam sistem AC.
Pasti Anda sudah tahu dong seperti apa bentuk Indoor AC. 
AC jika tidak diservice dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan penumpukan debu dalam filter Indoor AC. Bisa dikatakan juga semua debu didalam ruangan itu kehisap melalui sirkulasi indoor tersebut. Dan didalam AC dilengkapi dengan filter/ saringan tujuanya untuk menyaring udara kotor sebelum masuk dalam evaporator (sirip- sirip pada indor yang terbuat dari logam). 

Kenapa kalau ada filter AC harus diservice secara keseluruhan? Kan udara kotor sudah disaring di filter indoor AC?. Kenapa tidak dicuci saja filternya?.
Ada sebagian teknisi AC yang menyarankan kepada pemilik AC agar dicuci dulu filter AC yang terletak didalam Unit Indoor. Anggapan itu memang tidak salah. Anggapan itu memang betul adanya. Karena setiap kali filter tertutup oleh debu sirkulasi udara akan terhambat. Mungkin Anda pernah mengalami udara Indoor terasa tidak kencang meskipun speed fan sudah di posisi paling fastest/ kencang, tapi udara yang dihembuskan masih terasa terlalu pelan. Tertutupnya filter udara adalah salah satu penyebabnya. Filter kotor menyebabkan udara yang inggin sirkulasi terhambat oleh adanya kotoran yang menutup rapat lubang-lubang yang ada di filter tersebut. Jika ternyata filter udara tidak kotor bisa jadi karena kerusakan yang lainya.

Bahaya AC Jika Tidak Diservice tentu akan membebani yang punya AC itu sendiri. Disaat seperti itu akan membebani kinerja motor fan yang ada di dalam unit indoor. Tentu bagi unit indoor akan memaksa kerja lebih keras lagi. Memacu lebih kuat lagi. Sehingga akan mengurangi umur dari komponen itu sendiri. Dan tentu akan ada biaya tambahan yang lebih besar lagi jika tidak sering diservis. Salah satunya pembengkakan biaya listrik.

Paragraf di atas merupakan Bahaya AC Jika Tidak Diservice untuk unit Indoor itu sendiri. Selanjutnya bahaya untuk kesehatan kita apa?. Anda pasti sudah tahu sendiri bahaya debu untuk kesehatan paru- paru kita. Jika kita menghirup udara kotor dalam jumlah tertentu kita akan semakin mudah terserang penyakit seperti Ispa( Infeksi Saluran Pernafasan Atas), Batuk, pilek, TBC dan gangguan kesehatan yang lainya. 

Mungkin Anda pernah melihat iklan di TV ada AC yang bisa membunuh kuman dalam ruangan. Jika di logika, jika ada debu yang banyak diruangan itu memang bisa membunuh kuman didalam debu itu?. Kalau menurut saya AC ibarat penyedot debu di dalam ruangan. Kenapa sebagai penyedot debu ruangan?. Karena udara bersirkulasi melalui unit indoor. Tentu dengan berlangsungnya sirkulasi tersebut udara kotor akan terhisap juga oleh hisapan udara melalui atas unit indoor AC. Sehingga terjadilah penumpukan debu difilter. Bisa jadi kuman dibunuh di filter tersebut. Sehingga menghasilkan udara bersih dari AC tersebut. Dan menjadikan udara di Ruangan Anda lebih sehat. Andapun akan terhindar dari bakteri jahat yang bersirkulasi di ruangan Anda. Itulah Bahaya AC Jika Tidak Diservice di dalam unit Indoor.



Bahaya AC Jika Tidak Diservice pada Outdoor. Jika debu sudah menumpuk di dinding kondensor/ sirip- sirip di unit Outdoor akan menyebabkan terganggunya sistem pendinginan udara dalam ruangan. Indor dan Outdoor itu berhubungan. Jika ada masalah pada Unit Outdoor maka Indor juga bermasalah. Jika ada masalah pada Indor , ada dua kemungkinan. Yaitu bisa jadi outdoor bermasalah atau tidak ada masalah.

Untuk pembahasan tersebut akan saya bahas di artikel selanjutnya. Itu sebagai gambaran saja. Kembali lagi ke Bahaya AC Jika Tidak Diservice di Unit Outdoor. Di Unit Outdoor fungsinya sebagai pembuang udara panas setelah melalui proses dalam sistem AC. Panas mesin AC setelah proses pendinginan akan di buang melalui Unit Outdoor. Jika Kondensor/ sirip- sirip pada outdoor kotor maka udara tidak bisa terbuang. Bisa dikatakan panas di dalam Outdoor tidak bisa terbuang bersama hembusan motor fan Outdoor. Hal tersebut jika dilakukan pembiaran akan menyebabkan kerja kompresor dan motor fan akan semakin terbebani. Hal tersebut mengakibatkan overheat. Jika sudah menemui tanda- tanda overheat tapi masih dibiarkan saja tidak segera diservice maka siap- siap dapat vonis kompressor jebol.

Kalau sudah kompresor jebol biasanya kalau Jasa Service Dan Perawatan AC akan memberi 2 pilihan.
Pilihan tersebut adalah:
1. Ganti Kompressor
2. Ganti Unit AC 1 Set

Anda akan dihadapkan dengan 2 Pilihan tersebut diatas. Dalam artikel ini sekali lagi saya bukan untuk mengancam atau menakut- nakuti Anda. Saya sudah berpengalaman menangani ribuan AC. Dan sekarang saya share di blog Teknik Jaya Technichal and Mechanichal Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sekarang Anda bisa pilih sendiri. Mau service rutin atau mau dibiarkan saja. Sangat krusial jika Unit Outdoor dibiarkan kotor. Untuk service rutin AC perumahan paling tidak 3 bulan sekali saya sarankan untuk diservice. Waktu yang cukup bagi Unit AC untuk melakukan penyegaran kembali. Jika Anda mencari tukang AC pilihlah Jasa Servis dan Perawatan AC Profesional karena sangat berbahaya jika tidak di tangani secara serius. Dan pastikan harganya jangan sampai mencekik leher Anda. Harga rata- rata standar bisa Anda lihat di Daftar Harga Service Dan Perawatan AC

Kesimpulan  Bahaya AC Jika Tidak Diservice.
1. Service rutin AC perumahan per 3 bulanan untuk menghindari Bahaya AC Jika Tidak Diservice
2. Udara di dalam ruangan sangat kotor jika tidak sering service Unit Indoor
3. Kinerja Unit Outdoor akan sangat terbebani jika kondensor outdoor kotor. Jika di biarkan saja bukan tidak mungkin kompresor akan jebol.
4. Lakukan service rutin dan pengecekan AC berkala.


Semoga artikel Bahaya AC Jika Tidak Diservice ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Sekian dan Terima Kasih :)

Comments

Popular Posts